Kamis, 27 November 2008

Pembunuh Blu-Ray Datang di Awal 2009


Jakarta - Meski Blu-Ray telah menjadi format tunggal DVD generasi baru setelah mengandaskan HD DVD dari Toshiba, Blu-Ray tampaknya harus tetap waspada. Sebuah format cakram optik yang diklaim sebagai 'pembunuh' Blu-Ray akan segera datang.

Pembunuh Blu-Ray ini diusung oleh sebuah perusahaan bernama Royal Digital Media (RDM). Dikutip detikINET dari Softpedia, format cakram optik RDM ini akan hadir di awal tahun 2009.

Disebutkan bahwa format cakram optik besutan RDM ini memiliki kemampuan melebihi Blu-Ray. Format ini diklaim memiliki kapasitas penyimpanan hingga 100 GB dalam satu cakram tunggal. Sedangkan Blu-Ray memiliki kapasitas 50 GB.

Dengan kapasitas ini, format cakram RDM memungkinkan sebuah cakram tunggal menyokong sekitar 4 jam konten video dengan resolusi 1920 pixel.

Eugene Levich, CEO RDM, mengklaim bahwa manufaktur-manufaktur DVD dapat dengan mudah mengintegrasikan teknologi RDM dengan hanya melakukan sedikit perubahan pada proses produksi mereka. Walhasil, hal ini tidak mengubah secara drastis keseluruhan infrastruktur produksi DVD.

Selain itu, harga dari player standalone relatif lebih murah dibanding mesin yang dapat menyokong Blu-Ray. Di samping itu, piranti tersebut juga dapat memainkan CD dan DVD tradisional. (detikinet )